Hosting Kapasitas Besar


Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Menjelajahi Museum bank Mandiri
03-16-2012, 06:11 PM, (This post was last modified: 03-16-2012, 06:13 PM by farida.)
#1
Menjelajahi Museum bank Mandiri
   
Jika anda mengunjungi Museum bank Mandiri, seakan-akan kita dibawa mundur oleh mesin waktu. Semua yang ada masih sangat terlihat kokoh berdiri tegak. Museum Bank Mandiri terletak di Jl. Lapangan Stasiun No. 1, Jakarta Barat dan merupakan salah satu bagian dari cagar budaya Kota Tua di Jakarta. Berdiri tanggal 2 Oktober 1998. Museum yang menempati area seluas 10.039 m2 ini pada awalnya adalah gedung Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) atau Factorji Batavia yang merupakan perusahaan dagang milik Belanda yang kemudian berkembang menjadi perusahaan di bidang perbankan.

Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) dinasionalisasi pada tahun 1960 menjadi salah satu gedung kantor Bank Koperasi Tani & Nelayan (BKTN) Urusan Ekspor Impor. Kemudian bersamaan dengan lahirnya Bank Ekspor Impor Indonesia (BankExim) pada 31 Desember 1968, gedung tersebut pun beralih menjadi kantor pusat Bank Export import (Bank Exim), hingga akhirnya legal merger Bank Exim bersama Bank Dagang Negara (BDN), Bank Bumi Daya (BBD) dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) ke dalam Bank Mandiri (1999), maka gedung tersebut pun menjadi asset Bank Mandiri.

   
Gedung Museum Bank Mandiri (ex-Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM)) dirancang oleh 3 orang arsitek belanda yaitu J.J.J de Bruyn, A.P. Smits dan C. van de Linde. Gedung ini mulai dibangun tahun 1929 dan pada tanggal 14 Januari 1933 dibuka secara resmi Oleh C.J Karel Van Aalst, Presiden NHM ke-10. Gedung ex-NHM ini tampak kokoh dan megah dengan arsitektur Niew Zakelijk atau Art Deco Klasik

Koleksi museum terdiri dari berbagai macam koleksi yang terkait dengan aktivitas perbankan "tempo doeloe" dan perkembangannya, koleksi yang dimiliki mulai dari perlengkapan operasional bank, surat berharga, mata uang kuno (numismatik), brandkast, dan lain-lain.

Koleksi perlengkapan operasional bank "tempo doeloe" yang unik, antara lain adalah peti uang, mesin hitung uang mekanik, kalkulator, mesin pembukuan, mesin cetak, alat pres bendel, seal press, safe deposit box maupun aneka surat berharga seperti bilyet deposito, sertikat deposito, cek, obligasi, dan saham. Di samping itu, ornamen bangunan, interior dan furniture museum ini masih asli seperti ketika didirikan.

referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Bank_Mandiri


Jakarta Barat
Reply
03-03-2017, 04:25 PM,
#2
RE: Menjelajahi Museum bank Mandiri
Kapan-kapan kalau ke Jakarta, aku akan berkunjung ke museum Bank Mandiri
Hubungi Rajaprinter.id sebagai pusat rental fotocopy dan printer yang termurah di Indonesia
Reply
09-19-2017, 12:26 PM,
#3
RE: Menjelajahi Museum bank Mandiri
Ternyata bukan hanya Bank Indonesia saja yang memiliki museum di Jakarta baru saya tahu kalau Bank Mandiri juga ada museum di Jakarta
Reply


Possibly Related Threads…
Thread Author Replies Views Last Post
  Melihat Sejarah Museum Bank Indonesia farida 6 3,027 05-21-2021, 08:18 PM
Last Post: budisantosoklar

Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)

Contact Us | Home | Return to Top | | Mobile Version | RSS Syndication
DiskusiWisata part of
SIMUSTA Info Pedas IncipIncip Otomotif Bali Supir Muslim Bali Waterproofing Bali