DiskusiWisata.Com Informasi Pariwisata Indonesia
Berziarah Makam Sunan Bonang - Printable Version

+- DiskusiWisata.Com Informasi Pariwisata Indonesia (http://diskusiwisata.com)
+-- Forum: Tempat Wisata (http://diskusiwisata.com/forumdisplay.php?fid=1)
+--- Forum: Jawa Timur (http://diskusiwisata.com/forumdisplay.php?fid=2)
+---- Forum: Tuban (http://diskusiwisata.com/forumdisplay.php?fid=50)
+---- Thread: Berziarah Makam Sunan Bonang (/showthread.php?tid=204)



Berziarah Makam Sunan Bonang - nienga - 03-06-2012

Kalo Anda berkunjung ke Tuban jangan lupa berziarah ke Makam Sunan Bonang..

[attachment=586]

Sunan Bonang dilahirkan pada tahun 1465, dengan nama Raden Maulana Makdum Ibrahim. Dia adalah putra Sunan Ampel dan Nyai Ageng Manila. Bonang adalah sebuah desa di kabupaten Rembang.

Sunan Bonang wafat pada tahun 1525 M, dan Menurut beberapa sumber, Makam sunan bonang terdapat di beberapa tempat. Ada yang mengatakan di dusun Bonang Lasem kab. Rembang-Jateng, di pulau Bawean kab Gresik-Jatim, di desa Singkal kab. Kediri-Jatim dan di Kelurahan Kutorejo kab Tuban-Jatim.

Tetapi diantara ke empat lokasi tersebut, Makam sunan Bonang yang terdapat di kelurahan Kutorejo Tuban adalah yang paling banyak di kunjungi peziarah

Dalam Serat Darmo Gandhul, Sunan Bonang disebut Sayyid Kramat merupakan seorang Arab keturunan Nabi Muhammad.

Sunan Bonang juga terkenal dalam hal ilmu kebathinannya. Ia mengembangkan ilmu (dzikir) yang berasal dari Rasullah SAW, kemudian beliau kombinasi dengan kesimbangan pernafasan yang disebut dengan rahasia Alif Lam Mim, yang artinya hanya Allah SWT yang tahu.

[attachment=587]
Sunan Bonang juga menciptakan gerakan-gerakan fisik atau jurus yang Beliau ambil dari seni bentuk huruf Hijaiyyah yang berjumlah 28 huruf dimulai dari huruf Alif dan diakhiri huruf Ya'. Ia menciptakan Gerakan fisik dari nama dan simbol huruf hijayyah adalah dengan tujuan yang sangat mendalam dan penuh dengan makna, secara awam penulis artikan yaitu mengajak murid-muridnya untuk menghafal huruf-huruf hijaiyyah dan nantinya setelah mencapai tingkatnya diharuskan bisa baca dan memahami isi Al-Qur'an. Penekanan keilmuan yang diciptakan Sunan Bonang adalah mengajak murid-muridnya untuk melakukan Sujud atau Salat dan dzikir.

Hingga sekarang ilmu yang diciptakan oleh Sunan Bonang masih dilestarikan di Indonesia oleh generasinya dan diorganisasikan dengan nama Padepokan Ilmu Sujud Tenaga Dalam Silat Tauhid Indonesia.

Lokasi :di Kelurahan Kutorejo Tuban (belakang Masjid Agung Tuban)
Referensi :http://www.wisatanesia.com/2011/01/makam-sunan-bonang.html

Tuban,Jawa Timur






RE: Berziarah Makam Sunan Bonang - farah44 - 01-03-2017

Ketika berkunjung ke Makam Sunan Bonang aku selalu mampir di Masjid Agung dan aku kagum dengan dekorasinya dibagian depan Masjid Agung yang mirip dengan masjid Madinah