DiskusiWisata.Com Informasi Pariwisata Indonesia
Pulau Kembang - Printable Version

+- DiskusiWisata.Com Informasi Pariwisata Indonesia (http://diskusiwisata.com)
+-- Forum: Tempat Wisata (http://diskusiwisata.com/forumdisplay.php?fid=1)
+--- Forum: Kalimantan Selatan (http://diskusiwisata.com/forumdisplay.php?fid=66)
+---- Forum: Banjarmasin (http://diskusiwisata.com/forumdisplay.php?fid=146)
+---- Thread: Pulau Kembang (/showthread.php?tid=382)



Pulau Kembang - febry - 03-13-2012

[attachment=1139]
Sebagaimana yang sudah saya jelaskan sebelumnya, tak jauh dengan Pasar Terapung, terdapat satu tempat wisata khas lain di Kota Banjarmasin ini.Tempat wisata yang dimaksud adalah Pulau Kembang yang dihuni ratusan bahkan ribuan kera.
[attachment=1141]
Untuk menuju Pulau yang satu ini, Anda tak bisa menggunakan kendaraan darat. Karena, yang namanya pulau tentu di kelilingi oleh air. Oleh karenanya, untuk bisa mencapai pulau tersebut, Anda lagi-lagi harus menggunakan klotok.

Kalau dari Pasar Terapung, mungkin hanya memakan waktu 10 menit untuk sampai ke pulau tersebut. Sehingga tak jarang, kunjungan ke Pasar Terapung, selalu dirangkaikan dengan kunjungan ke Pulau Kembang.
[attachment=1142]
Pulau Kembang merupakan hutan wisata dengan luas sekitar 60 hektar. Selain dihuni kera-kera yang akrab dengan manusia (meski terkadang ada juga yang tak bersahabat), jika Anda beruntung, maka Anda juga bisa menjumpai jenis kera khas Kalimantan Selatan, yakni Kera Bekantan, si pemalu berhidung mancung, dengan bulu badan berwarna pirang.

Sekadar diketahui, Pulau Kembang merupakan salah satu tempat favorit etnis Cina. Latar belakangnya adalah kepercayaan etnis tersebut yang apabila memberi banyak makanan kepada kera-kera di Pulau Kembang itu, maka orang yang bersangkutan bakal mendapatkan rejeki yang berlimpah.
[attachment=1143]
Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat yang satu ini, mohon diperhatikan hal-hal berikut :
1. Siapkan makan-makanan ringan seperti kacang kulit dan sebagainya untuk pakanan para kera.
2. Jangan membawa tas, atau sejenisnya. Karena, tas atau barang bawaan Anda bisa jadi direbut oleh sekelompok kera dan dibawanya kabur. Kendati demikian, bukan berarti Anda bisa menaruhnya sembarangan di dalam klotok. Karena, klotok juga bisa dinaiki para kera, hingga tas Anda juga akan "diobrak-abriknya". Jadi, taruhlah barang bawaan Anda di di tempat yang aman dan tersembunyi, yang tidak mudah dijangkau oleh kera-kera yang berseliweran.
3. Siapkan pula sejumlah uang (terserah uang kecil atau pun besar). Karena, di lokasi wisata tersebut cukup banyak peminta-minta. Jadi, itung-itung bersedekah sembari berwisata.
[attachment=1145]

Banjarmasin,Kalimantan Selatan