Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Wisata Pulau Burung
03-12-2012, 06:32 PM
Post: #1
Wisata Pulau Burung
   
Jika anda mengaku sebagai peminat unggas terutama burung.., datang saja ke Pulau Burung di kota Serang. Pulau burung ini memang terlihat gersang namun di pulau selain bisa melihat jemis burung anda juga bisa menikmati indahnya pantai ini. Pulau Burung berlokasi di Kabupaten Serang berJarak sekitar 20km-an dari Kota Serang. Jalan masuk ke lokasi berada di jalan kabupaten yang menghubungkan jalan raya Serang-Banten Lama dengan Kecamatan Pontang. Banyak terdapat bangunan sarang burung walet yang volumenya mengalahkan rumah-rumah sederhana penduduk sekitarnya. Pemiliknya sebagian besar bukan orang sana.

Pulau ini terletak di Teluk Banten, berada di sebelah utara Kota Serang atau sebelah Tenggara kawasan Banten Lama. Dulu pulau ini terpisah dari Pulau Jawa dengan selat selebar 500m. Kalau ombak sedang surut, pulau ini menyatu dengan daratan Jawa. Lama-kelamaan, karena adanya pendangkalan Sungai Cibanten, batas antarpulau ini menjadi tidak jelas.

Apalagi sekarang, endapan lumpur itu dijadikan tambak oleh penduduk sekitar. Menyatunya kedua pulau ini bukanlah hal yang unik di dunia geologi, dan biasa disebut sebagai pembentukan tombolo. Lazimnya tombolo muncul bila jarak selat lebih kecil dari lebar pulau, kedalaman laut relatif dangkal, adanya arus satu arah atau adanya sumber sedimentasi.

   

Secara administratif Pulau Dua termasuk Desa Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, dengan letak geografisnya 106°-21’ BT dan 6°01 LS. Curah hujan rata-rata 1500-2000 mm per tahun yang terbasah. Januari dan Agustus merupakan bulan terkering dengan temperatur rata-rata 26°C. Ketinggian pulau antara 0-10 m dpl. Tanah bagian barat pulau agak kering sedangkan timur umumnya rendah dan berawa.

Tanah dengan kandungan pasir yang tinggi tidak mampu menahan air hujan sehingga tanah di pulau ini umumnya kering. Sumber air tawar tidak ada. Air rawa berasal dari laut yang menggenang ketika pasang.
Pulau ini merupakan cagar alam yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) (bukan) Provinsi Banten?

Entah mengapa di pos jaga yang berada di tengah pulau tersebut masih tertulis Provinsi Jawa Barat. Saking kurangnya perhatian Pemerintah Provinsi Banten? Belakangan baru saya tahu bahwa kendati Banten sudah menjadi provinsi sendiri, gaji bulanan jagawana di pulau ini ternyata masih dibayar oleh BKSDA Provinsi Jawa Barat

referensi : http://www.wisatanesia.com/2010/06/pulau-burung.html


Serang,Banten
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
06-19-2017, 05:38 PM
Post: #2
RE: Wisata Pulau Burung
Tempat wisata ini dinamai Pulau Burung, apakah ada banyak jenis burung yang hidup di Pulau ini

Hipnoterapi bisa dipakai sebagai cara mudah mengendalikan emosi yang meluap-luap
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
Post Reply 


Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)