Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Tol Laut Sepi Peminat, APL Operasikan Satu Kapal saja
12-16-2015, 08:48 PM
Post: #1
Tol Laut Sepi Peminat, APL Operasikan Satu Kapal saja
[Image: tol-laut-jokowi.jpg?dc1ff2]

BANDARLAMPUNG, indopos.co.id – Kementerian Perhubungan harus mencari terobosan baru. Tidak sekadar meresmikan, tetapi juga mengupayakan jalur Surabaya-Lampung via tol laut terus eksis.

Karena sejak diresmikan Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan pada Mei 2015 lalu, penumpang dari Pelabuhan Internasional Panjang, Lampung, menuju Pelabuhan Tanjungperak, Surabaya, terus lengang.

Informasi yang diterima Radar Lampung, PT Atosim Pelayaran Lampung (APL) yang menjadi perusahaan penggerak kapal tol laut tersebut memilih mengurangi armada kapal lautnya.

Awalnya, PT APL mengoperasikan dua kapal laut, yakni kapal motor penumpang (KMP) Mutiara Persada III dan KMP Mutiara Sentosa I, untuk melayani pelayaran menuju Tanjungperak.

Namun saat ini, APL hanya mengoperasikan satu di antara dua KMP tersebut untuk melayani jalur pelayaran mereka. Saat dikonfirmasi, Staf Operasional PT APL Ronald Feriando tidak menampik kabar tersebut. dia mengatakan, saat ini APL hanya beroperasi dengan KMP Mutiara Persada III. ’’Iya, sekarang kami hanya beroperasi dengan satu kapal. Saya lupa tepatnya. Kurang lebih setelah Lebaran lalu,” ungkapnya.

Terkait alasan pengurangan armada tersebut, menurut Ronald, lantaran konidisi pelayaran jalur Lampung-Surabaya dan sebaliknya, masih kurang diminati dikalangan masyarakat umum.

Sehingga, satu armada yakni KMP Mutiara Sentosa harus beralih trayek menjadi Surabaya-Kalimantan. “Mungkin karena sikon disini belum memungkinkan, untuk penumpang juga masih minim. Jadi, trayeknya untuk sementara dialihkan menjadi Surabaya-Kalimantan, dan yang Lampung-Surabaya hanya satu kapal saja,” kilahnya.

Selebihnya, dipaparkan Ronald, KMP yang melayani jalur pelayaran Lampung-Surabaya dapat menampung 120 unit kendara roda empat, sedangkan kendaraan berat seperti truk tronton bisa muat hingga 90 unit. Tetapi, sejauh ini penumpang kapal tol laut masih di dominasi oleh angkutan ekspedisi, sedangkan untuk angkutan pribadi masih minim penumpang.

Meski, enggan menyebutkan jumlah pasti serta rincian dalam satu kali berlayar. Ronald mengaku, KMP yang dijadwalkan berlayar lima hari sekali tersebut biasanya melayani lebih dari 50 unit dalam satu kali berlayar. “Kalau jumlah memang masih minim sekali, kebanyakan itu dari ekspedisi. Sekitar 50 unit lebih lah, kalau jadwalnya tidak dipastikan. Tergantung kapan datangnya dari Surabaya, biasanya lima hari sekali. Jadi dalam satu bulan, bisa 6 kali berlayar,” pungkas dia.

Disamping itu, tarif untuk sekali berlayar dengan menggunakan tol laut tersebut dibedakan berdasarkan golongan kendaraan. Yakni mulai dari jenis pick-up, truk sedang, truk besar, tronton, hingga truk trailer dengan kisaran harga mulai dari Rp1,5 juta sampai Rp9 juta.

Terpisah, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Panjang melalui salah seorang petugasnya, Herman Effendi, mengatakan saat ini KMP Mutiara Persada III yang dioperasikan PT APL untuk jalur tol laut sedang dalam pelayaran dari Surabaya, menuju Lampung. Ia juga membenarkan, bahwa setelah usai lebaran kemarin, tol laut Lampung hanya beroperasi dengan satu armada saja.

“Kalau sekarang masih dalam pelayaran, mungkin dua hari lagi baru sampai pelabuhan kita (Panjang, red). Sekarang juga mereka (APL, red) hanya berlayar dengan satu armada saja, KMP Mutiara Persada III,” ungkap Herman.

Meski menyatakan tidak tau tentang alasan pengurangan armada itu, pria yang sehari-harinya bertugas untuk mengecek kondisi KMP Mutiara Persada III sebelum berlayar itu mengatakan tol laut jurusan Lampung-Surabaya memang masih minim penumpang. “Saya kurang tau kalau untuk alasan, tetapi itu kalau dilihat penumpangnya memang masih minim,” tandasnya.

sumber
Visit this user's website Find all posts by this user
Quote this message in a reply
10-23-2017, 05:34 PM
Post: #2
RE: Tol Laut Sepi Peminat, APL Operasikan Satu Kapal saja
Kalau tarif tol laut lebih mahal daripada tol darat, ya wajar lah kalau masyarakat lebih memilih tol darat

Dapatkan mesin printer kartu dengan kualitas terbaik hanya di Tokoprinterkartu.co.id
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
Post Reply 


Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 2 Guest(s)